N99a's Blog

Just another WordPress.com weblog

Perbandingan Susu Kedelai Dengan Susu Sapi Desember 10, 2009

Filed under: Kuliah — n99a @ 3:37 PM

Perbandingan Kandungan Susu Sapi dengan Susu Kedelai

Lesitin (lecithin) sebenarnya senyawa phosphatidyl choline (PC) yang terdapat dalam sari kedelai.
Ia punya banyak sebutan, antara lain phosphatidyl, phosphatidylinositol, PC-55, ethanolamine, serine, choline, kelecin, lecithol, soy lecithin, vegilecithin, atau vitrellin.

Lesitin yang terkandung dalam kedelai dengan kadar fosfatidil kolin optimal ( 70%-75% ) serta mengandung asam lemak essensial. Cukup baik untuk mampu meningkatkan vitalitas dan memudakan sel-sel tubuh. Selain itu Lesitin dalam Kedelai juga lebih unggul dengan sifat meremajakan sel tubuh ( terutama bagi orang orang yang baru sembuh dari sakit / masa penyembuhan ) dibandingkan lesitin yang didapat dari bahan-bahan lain.

Senyawa PC umumnya ditemukan dalam selaput sel tumbuhan dan hewan, termasuk dalam jaringan urat saraf dan otak kita. Choline – bagian terbesar dari PC – ditemukan dalam hati, oatmeal, kubis, dan kembang kol.

Tanaman utama sumber lesitin komersial, yang dianggap GRAS (generally regarded as safe), meliputi bunga matahari, lobak, dan kedelai. Namun, kedelai menjadi sumber paling umum, karena kandungan lesitinnya cukup tinggi, 20 – 22%.

Istimewanya lesitin karena sifatnya yang lipotropik, yaitu mendorong pengangkutan asam lemak dari hati ke jaringan-jaringan tubuh atau meningkatkan pembakaran lemak di hati. Dengan begitu ia mencegah tertimbunnya lemak secara berlebihan. Kemampuan inilah yang kemudian membawa lesitin menjadi bahan terapi.

Di dalam tubuh, senyawa yang terkandung dalam sari kedelai itu bekerja mengikis timbunan lemak (plak) pada dinding pembuluh nadi, yang kemudian larut dalam darah. Ia pun menurunkan kadar kolesterol. Lesitin juga memasok choline pada tubuh dan meningkatkan pembentukan acethylcholine, zat untuk kepentingan neurotransmitter pada otak. Karena itu, dalam hal tertentu lesitin bisa membantu anak meningkatkan kemampuan belajar.

Kemampuannya mengurangi lemak itu berkat banyaknya kandungan asam lemak tak jenuh linoleat omega 6 (hingga 55%), oleat (9,8%), dan arakhidonat (5,5%). Molekul lemak-lemak tak jenuh ini berikatan rangkap dan suka mengikat molekul lemak lain dengan ikatannya yang masih kosong. Sesudah menggaet lemak lain, ia lalu membawanya pergi untuk dibakar di tempat-tempat yang memerlukannya dalam tubuh sebagai energi.

Yang perlu diingat, “Bagi penderita PJK, terapi ini bukan pengobatan utama. Hanya pendukung. Penderita harus tetap berkonsultasi dengan dokter jantungnya,” jelas dr. Rosa. Menurut hasil penelitian, infus lesitin tidak mengganggu kinerja obat lain.

Dengan berbagai keistimewaannya itu lesitin bisa mencegah terjadinya PJK, stroke, dan dementia (penurunan daya ingat karena terhambatnya pasokan oksigen ke otak akibat pembuluh darah tersumbat) pada penderita dengan lemak darah tinggi dan penderita diabetes mellitus.

Sementara bagi penderita pascastroke, pasca by pass, dan perlemakan hati, lesitin akan membantu menjaga kondisi agar pembuluh darah tak lagi tersumbat.

Tak kurang istimewa, lesitin sering dipuja-puji sebagai “obat” awet muda. Apa iya benar demikian ?

Pada orang yang hatinya banyak mengandung lemak, biasanya pertukaran zat dalam tubuh tak beres. Itu karena hati – yang mestinya memecah lemak dan menetralkan racun – tak bertugas sebagaimana mestinya. Tubuh menjadi payah dan wajah tampak tua. Dengan adanya lesitin, kelebihan lemak pada hati bisa dikurangi. Kerjanya pun normal kembali. Maka, tubuh kembali segar, sehingga ditafsirkan orang sebagai awet muda.

Hal itu memang sejalan dengan fungsi lain lesitin, yaitu mendorong regenerasi sel agar badan menjadi bugar. Percobaan pada hewan terbukti meningkatkan umur harapan hidupnya sampai 36%.

Tak lagi ngos-ngosan

Untuk menguji kemampuannya, sekitar 30 tahun lalu, sejumlah dokter mengujicobakan senyawa dari kedelai, yang telah 20 tahun teruji secara klinis, itu untuk pengobatan PJK.
Ada 20 pasien angina pectoris (nyeri dada) dan penyumbatan pembuluh darah yang mendapat infus selama 50 – 60 menit, dengan frekuensi 3 – 5 kali seminggu. Total pengobatannya sebanyak 30 kali. Seorang pasien mengundurkan diri di awal program, tetapi sisanya setia menyelesaikannya. Hasilnya, 19 pasien terbebas dari gangguan yang diderita dan tak perlu lagi menjalani pengobatan.

Hasil itu mendorong tim peneliti di Baxamed Medical Center, Swis, untuk menjalankan uji klinis pada sekelompok kecil (4) pasien. Dua di antaranya sudah menjalani operasi by pass jantung dan dipulangkan karena dianggap sudah kehilangan harapan hidup, satu pasien sudah dua kali menjalani angioplastys dan masih menderita nyeri dada, sedangkan satu lagi telah menjalani uji tekanan thallium (sejenis logam berat putih kebiruan) untuk gangguan perfusi di jantung.

Setelah 30 kali diinfus, pasien by pass jantung ternyata secara mental menjadi lebih baik, gairah seksualnya meningkat, terbebas dari gangguan sebelumnya, dan tak perlu lagi menjalani pengobatan. Pasien wanita dengan dua angioplasty (istri Dr. Sam Baxas, pemimpin Pusat Medis Baxamed) juga terbebas dari gangguan dan tak perlu lagi menjalani pengobatan.

  • · Penelitian di Amerika, menemukan bahwa produk produk dari kedelai membuktikan bahwa kedelai memiliki unsur yang sangat baik untuk mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Uniknya adalah efek protein kedelai , merupakan satu – satunya senyawa yang mengandung isoflavon. Sifat Isoflavon adalah semacam hormon esterogen (hormon kelamin pada perempuan), walau sifatnya agak lebih lemah. Banyak ahli berkeyakinan bahwa hormon esterogen inilah yang mampu
    mengurangi resiko penyakit jantung.
  • Konsumsi harian Susu Kedelai antara 31-47 gram diyakini mampu menekan kolesterol LDL secara nyata dalam darah. Walau segalanya tergantung kadar kolesterol awal dalam darah seseorang, Pada orang orang dengan kadar kolesterol rendah ( dibawah 250 mg/dl ), pengonsomsian kedelai hampir tidak berpengaruh pada kolesterolnya.
  • Ahli ahli yang telah menyelidiki produk produk kacang kedelai adalah = Dr. Aedin Cassidy dan De Sheila Bingham dari Dunn Clinical Nutrition Centre di Cambrige – Inggris. Dalam sebuah analisanya mereka mengungkap bahwa pada takaran tertentu produk – produk dari kacang kedelai dapat mengubah komposisi hormon – hormon seks perempuan yang berpotensi mencegah timbulnya kanker payudara !  Pada tahap tertentu konsumsi protein kedelai akan memperbaiki siklus menstruasi dan dapat mempercantik kulit.
  • Kebanyakan wanita di Jepang memiliki rahasia umur
    panjang dan kulit mulus karena kebiasaan mereka mengkonsumsi produk produk makanan dari Sari Kedelai.
  • Ada kecenderungan bahwa sejumlah unsur aktif dari Sari Kacang Kedelai terbukti bisa mencegah kanker prostat yang membuat pria kehilangan fungsi seksualnya.  Buka rahasia lagi bahwa olahan Sari Kacang Kedelai terbukti memicu produksi molekul pecegah kanker prostat, Molekul EQUOL , dihasilkan di dalam saluran pencernaan ketikan produk Sari Kacang Kedelai diolah oleh pencernaan.
  • Isoflavon yang terdapat dalam Sari Kacang Kedelai , merupakan enzim yang memiliki kemiripan fungsi dengan hormon esterogen , pada beberapa penelitian enzim atau hormon ini dapat mencegah keropos tulang.

Prinsip pengobatan dengan infus lesitin sebenarnya pemberian fosfolipid penting dalam bentuk PC alias lesitin lewat infus intravena (pembuluh vena) pada pasien. Tujuannya, “mengembalikan usia muda” sel dalam susunan lemak di organ dan jaringan, seperti sel pembuluh jantung dan sel darah merah dan pembuluh nadi. Sebab, proses penuaan dalam pembuluh jantung biasanya ditandai dengan penurunan jumlah alami PC dalam sel-sel itu, seiring dengan peningkatan kolesterol. Jadi, pengobatan dirancang untuk meningkatkan perubahan PC bagi selaput sel jantung dan perubahan kolesterol dari organ dan jaringan, seperti sel pembuluh jantung, sel darah merah, dan pembuluh nadi.

Infus diberikan 20 – 40 kali sampai perubahan yang diinginkan dalam susunan lemak pada sel pembuluh jantung dan pembuluh koroner itu terjadi. Proses pengobatannya diatur secara nyaman sesuai kebutuhan, dan diberikan sedikitnya selama beberapa minggu. Lalu diteruskan selama beberapa bulan dalam jangka waktu pengobatan yang disesuaikan bagi tiap orang.

Sebagai terapi alternatif, “Calon pasien harus membawa hasil general check up,” ujar Rosa, “Ini penting untuk menentukan berapa kali infus harus diberikan dan berapa dosisnya.” Infus biasanya dilakukan 2 – 3 kali seminggu tergantung derajat keparahan penyakit dan bobot badan penderita. Karena hanya butuh waktu 60 – 80 menit, penderita tak perlu dirawat inap. Selesai tindakan, bisa langsung pulang.

Setelah menjalani 20 kali infus, akan dilakukan pemantauan dan penilaian. Apakah telah terjadi perubahan yang diinginkan. Sudah cukup ataukah masih perlu berapa kali lagi infus untuk mencapai target.

Kemajuan pengobatan juga dipantau dari keluhan atau bahkan derajat hidup keseharian pasien. Sebab, pascainfus pasien biasanya akan merasa lebih segar, fungsi pendengaran dan saraf meningkat. “Yang punya kebiasaan olahraga jalan kaki atau berenang biasanya bisa menempuh jarak lebih jauh. Naik tangga pun tak ngos-ngosan lagi. Ini tanda lancarnya pasokan oksigen dalam darah.”

Dibuang lewat tinja/BAB.

Bagaimanapun, pasien Plaquex Therapy harus tetap berkonsultasi dengan dokter yang menangani penyakit “bawaannya”, apakah jantung, diabetes mellitus, atau lainnya.
Ini untuk memantau apakah pengobatan alternatif ini bisa menunjang kesembuhan penyakit utamanya tadi.

Bila menelusuri internet, terapi infus lesitin memiliki efek sampingan. Antara lain mual, sakit perut, diare, dan muntah. Sementara di Klinik Prorevital selama dua tahun terakhir ini, keluhan yang muncul adalah diare. “Itu akibat pengaruh peluruhan lemak pembuluh darah, dibawa ke hati, dan dikeluarkan lewat tinja,” ungkap Rosa.

Diare yang dimaksud bukan mencret terus-menerus, tapi lebih sering buang air besar. Kalau biasanya hanya sekali, setelah mendapat terapi bisa 2 – 3 kali sehari. Reaksi itu biasa timbul setelah empat atau lima kali mendapat infus. Cara mengatasinya dengan memperpanjang tenggang waktu antarinfus. Dari yang tiga kali seminggu menjadi cukup dua kali per minggu.

Karena efek sampingan dan keperluan proses pemantauan inilah, “Plaquex Therapy tak bisa dilakukan sendiri di rumah, walau tata caranya kelihatan mudah.”

Setelah mendapat 40 kali infus dan pembuluh darahnya sudah seperti jalan tol yang bebas hambatan, penderita bisa tetap meneruskan terapi tiap dua minggu atau sebulan sekali. Yang terpenting, selain mendapat infus, penderita juga diminta mengubah gaya hidup agar lebih sehat. Kalau tidak, pembuluh darahnya bisa mampet lagi! (intisari)

http://tetitito.multiply.com/journal/item/158/SUSU_SARI_KEDELAI_-_Menyehatkan_sekaligus_Banyak_Manfaatnya_

Manfaat Sari Kedelai Bagi Penderita Jantung

Fahrizal (Teknisi Komputer, Jl Garuda, Medan, Sumatera Utara)


Susah Tidur dan Jantung Berdebar
Di usia yang terbilang muda, Fahrizal, 34 tahun sudah mendapat gangguan jantung. Hampir setiap hari ia rasakan jantungya berdebar dan malam pun pria yang berprofesi sebagai teknisi komputer ini kesulitan memejamkan mata. Praktis ia tak bisa memaksimalkan masa istirahatnya. Oleh dokter memang diberitahu bahwa dirinya punya gejala awal gangguan jantung. Penyebab memang tak terlalu diketahu, namun Fahrizal mengakui bahwa merokok dan beban perkerjaan adalah penyebab sakit jantung. Selain itu menurutnya ia memang memiliki pola dan menu makan yang tak terkontrol. Jarang olah raga, akunya, adalah penyebab lain yang memicu datangnya sang penyakit.

“Semula saya pikir ini adalah semacam depresi, mungkin karena pekerjaan dan susah tidur itu. Jantung saya berdebar terus.” Katanya di rumahnya Jl Garuda, Medan. Stres memikirkan kondisi dirinya tersebut berakibat pula pada sistem pencernaannya yakni kesulitan BAB. Ia bisa buang air besar tiga hari sekali. Beberapa ramuan tradisional yang pernah dicoba ternyata tak cukup memberi kemajuan pada kondisinya.

Nilai Plus Metabolis
Namun setelah mencoba konsumsi Sari Bubuk Kedelai Murni Metabolis sejak tahun lalu ia mulai merasakan beberapa perubahan pada dirinya. “Semula saya susah tidur, tapi sejak minum Metabolis saya dapat menikmati masa istirahat dengan baik. BAB pun sudah lancar,” kata ayah satu anak ini. Setelah beberapa bulan minum Metabolis, kini ia sudah tak pernah lagi merasakan jantung berdebar seperti dulu. Menurutnya secara keseluruhan badannya kini jauh lebih fit dan berstamina.

Sari kedelai Metabolis memang memiliki kandungan nutrisi paling lengkap. Kandungan asam folat dan B6, misalnya, dapat mencegah penyakit jantung karena merangsang metabolisme homosistein. Homosistein adalah suatu bahan dalam darah penyebab darah mengumpal dan memicu serangan jantung.Lesitin dalam kedelai juga mampu mengurangi penimbunan kolesterol pemicu sakit jantung. Selain itu, mineral magnesiumnya mampu mengawal tromboksan (zat yang membuat trombosit jadi lengket), mencegah naiknya tekanan darah, serangan stroke dan jantung.

Manfaat Sari Bubuk Kedelai Murni Metabolis untuk perbaikan metabolisme tubuh juga didukung oleh pemilihan sari kedelai alami berkualitas, rasa yang lezat dan tekstur.

http://www.metabolis-indonesia.com/metabolis.php?panel=detailtestimoni&id=manfaat_sari_kedelai_bagi_penderita_jantung

Manfaat dan Khasiat Susu Sari Kedelai Melilea

Menurut penelitian susu kedelai mengandung banyak sekali gizi dan manfaat di dalamya, selain sebagai pengganti susu sapi, bahkan jauh lebih kaya akan gizi dibandingkan susu sapi, susu kedelai juga dapat dijadikan alternatif terbaik pengganti susu formula yang kencenderungan mengandung bakteri jahat yang membahayakan kesehatan balita dan anak-anak. Kandungan dan manfaat yang terdapat dalam susu kedelai adalah:

* Protein,
berguna untuk pertumbuhan, perbaikan jaringan yang rusak, penambah imunitas tubuh. Protein pada susu kedelai tersusun oleh sejumlah asam amino (lesitin / HDL, arginin, lisin, glisin, niasin, leusin, isoleusin, treonin, triptofan, fenilalanin). Protein yang terkandung dalam kedelai diketahui kaya akan asam amino arginin dan glisin yang merupakan komponen penyusun hormon insulin dan glukogen yang disekresi oleh kelenjar pankreas dalam tubuh kita.

* Lemak Nabati, Sangat baik untuk tubuh manusia.

* Karbohidrat, sebagai sumber energi atau tenaga didalam tubuh

* Serat / fiber, berguna untuk system pencernaan dalam tubuh.

* Vitamin A, pada biji kedelai berasal dari karoten, yang merupakan bahan dasar vitamin A, membantu kelancaran fungsi organ penglihatan dan pertumbuhan tulang.

* Vitamin B1, Vitamin B1 atau yang sering disebut tianin sangat berperan dalam reaksi-reaksi dalam tubuh yang menghasilkan energi

* Vitamin B2, disebut juga flavin, merupakan pigmen yang banyak terdapat pada susu, bail susu sapi susu manusia, maupun susu kedelai.

* Vitamin E, melancarkan proses reproduksi dan proses menstruasi, menegah impotensi, keguguran, dan penyakit jantung kardiovaskuler, meningkatkan produksi air susu, membantu memperpanjang umur, dan sebagai antioksidan. Orang yang rajin mengkonsumsi antioksidan akan terlihat lebih muda ketimbang orang yang jarang mengkonsumsinya

* Mineral, berfungsi dalam menambah kekuatan struktur tulang, gigi, dan kuku, serta dapat menambah daya tahan tubuh terhadap gangguan penyakit. Selain itu, mineral juga berfungsi dalam proses reproduksi pertumbuhan tulang mereka yang menuju dewasa.

* Polisakarida yang mampu menekan kadar glukosa dan trigliserida postpandrial, serta menurunkan rasio insulin-glukosa postpandrial (setelah makan), Asupan susu kedelai dapat membantu mengendalikan kadar gula darah yang melebihi batas normal tersebut, sehingga sangat membantu mengendalikan penyakit gula.

* Isoflavon, Ikatan sejumlah asam amino dengan vitamin dan beberapa zat gizi lainnya dalam biji kedelai ada yang membentuk flavonoid. Flavonoid adalah sejenis pigmen, seperti halnya zat hijau daun yang terdapat pada tanaman yang berwarna hijau. Senyawa ini biasanya memiliki ciri khas, yaitu mengeluarkan bau tertentu. Bau langu yang terdapat pada biji kedelai adalah salah satu tanda bahwa dalam biji tersebut terdapat flavonoid. Secara ilmiah, flavonoid sudah dibuktikan mampu mencegah dan mengobati berbagai penyakit. Dan salah satu jenis flavonoid yang sangat banyak terdapat pada biji kedelai dan amat bermanfaat bagi kesehatan adalah isoflavon. Seorang peneliti Jepang, pada tahun 1998 menganjurkan setiap manusia mengkonsumsi isoflavon kedelai sebanyak 50-100 mg perhari.

Fungsi isoflavon itu bagi tubuh adalah untuk :
o Melancarkan metabolisme
o Melancarkan pencernaan
o Merupakan nutrisi pelengkap
o Meningkatkan sistem imunitas
o Memperkuat strukturmatriks tulang
o Menstabilkan tekanan darah
o Menurunkan kadar kolestrol darah
o Menstabilkan kadar gula darah
o Mencegah obesitas
o Mencegah penyakit ginjal
o Mengurangi gejala jantung koroner (kardiovaskuler)
o Mengurangi gejala stroke
o Mengurangi gejala rematik dan asam urat
o Mengurangi gejala maag
o Menghilangkan rasa lelah dan lesu
o Mengurangi gejala symptom menopause
o Memperlambat penuaan sel
o Mencegah tumbuhnya kanker, terutama kanker payudara dan prostate
o Menambah daya ingat dengan meningkatkan fungsi kognitif

* HDL (Kolesterol Baik) LDL (Low Density Lipoprotein) bersifat sangat mampu untuk membuat proses pengapuran pembuluh darah. Karenanya dikenal sebagai kolesterol jahat.HDL (High Density Lipoprotein) bersifat sebaliknya yaitu menahan proses pengapuran dengan cara menyedot timbunan kolesterol didalam pembuluh darah, lalu membawanya ke lever dan selanjutnya dibuang melalui empedu. Oleh karenanya HDL dikenal sebagai kolesterol baik.Sebetulnya yang harus selalu di perhatikan terlebih dahulu adalah kadar kolesterol total yang harus senantiasa di jaga jangan lebih dari 200 mg % Barulah apabilah seseorang mempunyai kadar kolesterol yang selalu normal, maka sebaiknya harus dilihat lagi kadar HDL nya.

* Kalsium adalah salah satu mikro mineral yang berguna bagi tubuh manusia. 99% dari kalsium dapat ditemukan pada tulang dan 1% dialirkan pada selaput cair, di dalam struktur sel dan selaput sel. Fungsi Kalsium Merupakan mineral yang sangat penting yaitu
o Pengaruh Neurotransmitter, peredaran darah dan fungsi otot urat
o Membantu meningkatkan kekuatan pada tulang, guna mencegah tulang keropos (osteoporsis)
o Membantu peredaran darah secara normal
o Membantu formasi sel protein dan membantu mengatur fungsi otot
o Mengontrol asam lemak (fatty acids) pada usus yang dapat mengurangi formasi sel kanker dengan tujuan mencegah terjadinya kanker usus.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s