N99a's Blog

Just another WordPress.com weblog

RPP Lempar Cakram Desember 11, 2009

Filed under: kumpulan RPP — n99a @ 7:16 AM

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata pelajaran :  Pendidikan Jasmani

Kelas/program :  XI (sebelas )/ IPA, IPS, BAHASA

Semester :  Gasal

Alokasi Waktu :  30 menit

Standar Kompetensi :  Kemampuan melakukan berbagai ketrampilan

Permainan olahraga  dalam bentuk sederhana

berdasarkan konsep yang benar, memiliki

pengetahuan dan nilai-nilai yang terkandung

didalamnya

Kompetensi Dasar :  Siswa mampu memperagakan teknik dasar

Penguasaan salah satu olahrga atletik dengan

peraturan yang dimodifikasi (tolak peluru) dan

memperhatikan nilai-nilai kerja sama, kejujuran,

menghargai, semangat, percaya diri

Materi Pokok : Tolak Peluru gaya Menyamping

Indikator : Melakukan tolak peluru dengan gaya Menyamping

Sumber pembelajaran : Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Oleh : Aip .S.M

A.      Pendahuluan

  1. Kegiatan rutinitas guru
  2. Streching dengan menggunakan bola takraw

2.1.     Berdiri tegak dengan kaki dibuka. Bola takraw diletakkan pada kedua tangan dengan jari-jari saling berkaitan. Badan dibungkukkan, bola takraw diayunkan dengan kedua lengan kedepan dan kebelakang diantara kedua tungkai, kedua lengan diayunkan dalam posisi lurus, kemudian digelindingkan dengan kedua lengan lurus serta kaki masih berkaitan. Pandangan mengikuti arah gerakan peluru.

2.2.     Sikap awal sama dengan sikap awal yang atas, begitu juga dengan gerakannya.

Tetapi Bola takraw tidak digelundungkan kedepan, tetapi dilempar kebelakang melalui atas kepala dengan kedua belah tangan lurus serta jari-jari berkaitan, kedua lengan lurus, mengikut arah gerakan peluru.

2.3.     Dua orang siswa saling berpasangan. Satu orang mendorong pasangannya dari belakang ke arah depan.

2.4.     Dua siswa saling berhadapan dan dengan menggunakan satu atau dua tangan, menolak atau mendorong bola. Caranya: (1) apabila menggunakan tangan kanan, maka pastikan mengambil satu langkah ke depan dengan kaki kiri sebelum melempar atau sebaliknya.

2.5.     Menolak bola setinggi-tingginya dan sejauh-jauhnya. Caranya sama dengan atas.

B.      Inti

  1. Guru mengingatkan kembali cara memegang peluru secara baik dan benar

1.1.       Jari-jari agak renggang, jari kelingking ditekuk pada samping peluru, sehingga membantu untuk menahan peluru agar tidak mudah bergeser dari tempatnya

1.2.       Jari-jari agak rapat, ibu jari disamping, jari kelingking berada disamping belakang.

1.3.       Sama dengan yang kedua tetapi jari-jari agak renggang.

  1. Cara meletakkan peluru

2.1.       Mengatur posisi kaki, kaki kanan ditempatkan dimuka batas belakang lingkaran, kaki kiri diletakkan disamping kiri diletakkan disamping kiri selebar badan segaris arah lemparan.

2.2.       Peluru dipegang dengan tangan kanan dengan cara pegangan yang sesuai.

2.3.       Tangan yang memegang peluru mengatur letak peluru, yaitu pada batas leher pundak dibawah telinga, ketiak membuka, lengan terentang segaris dengan pundak

2.4.       Lengan kiri di muka dada ditekuk sedikit

2.5.       Kaki kiri rileks dan menapak pada ujung kaki, berat badan diletakkan pada kaki kanan
Belajar tolak peluru teknik menyamping tanpa alat

3.1.       Bergerak menyamping dengan melompat.

3.2.       Bergerak menyamping dengan melompat sambil jingkat diakhiri dengan putaran badan untuk melakukan tolakan

3.3.       Sikap awal

  1. Mengatur posisi kaki. Kaki kanan ditempatkan dimuka akhir batas lingkaran, kaki kiri diletakkan disamping kiri selebar badan segaris dengan arah tolakan.
  2. Kaki kiri rileks dan menapak pada ujung kaki.
  3. Kaki kanan agak sedikit ditekuk, barat badan diterima pada kaki kanan.
  4. Badan dimiringkan ke kanan.
  5. Pandangan mata searah dengan hadap badan.
  1. Mengadakan pemusatan pikiran, kalau sudah cukup, kaki kiri diayun-ayunkan ke muka dan belakang.
  2. Setelah ayunan kaki kiri dirasa cukup, kai kiri diayunkan melingkar kesamping diikuti dengan lompatan kaki kanan ke samping kiri, kearah tengah lingkaran.

3.4.       Cara menolak

  1. Tolakan kaki kanan dimulai sampai kaki kanan tertendang lurus, panggul di dorong ke atas depan disertai dengan badan diputar ke kiri dilanjutkan dengan dorongan atau tolakan.
  2. Lengan kiri digerakakan untuk membantu memutar badan.
  3. Pandangan mata diartahkan pada arahlemparan.
  4. Jalannya dorongan atau tolakan pada peluru harus lurus satu garis, sudut lemparan kurang dari 40 derajat

3.5      Sikap akhir

  1. Sesudah menolak peluru, membuat gerakan melompat untuk menukar kaki kanan ke depan
  2. Bersama dengan mendaratanya kaki kanan, kaki kiri ditarik kebelakang, demikian pula dengan lengan kiri untuk memelihara keseimbangan.

3          Belajar tolak peluru gaya menyamping dengan alat(peluru sesungguhnya)

4.1.       Rangkaian gerakan tolak peluru secara keseluruhan.

C.      Penutup

  1. Melakukan pendinginan dengan cara berpasangan.
  2. Siswa berkumpul membentuk huruf U
  3. Evaluasi mengenai gerakan-gerakan yang sudah dilakukan siswa
  4. Tanya jawab dengan siswa mengenai kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh siswa pada saat materi disampaikan
  5. membaca doa.

METODE DAN MEDIA

1. Metode  : Penugasan, Demonstrasi, dan Bermain.

2. Media    : Peluru(/Bola Takraw), Peluit.

PENILAIAN.

  1. Penugasan Individu                 : Kemampuan unjuk kerja/ keterampilan secara

individu.

  1. Bentuk Instrumen Penilaian     : Proses / Porto folio

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah :  SMA Negeri Prikitiuw

Mata pelajaran :  Pendidikan Jasmani

Kelas/program :  XI (sebelas )/ IPA, IPS, BAHASA

Semester :  Gasal

Alokasi Waktu :  30 menit

Standar Kompetensi :  Kemampuan melakukan berbagai ketrampilan

Permainan olahraga  dalam bentuk sederhana

berdasarkan konsep yang benar, memiliki

pengetahuan dan nilai-nilai yang terkandung

didalamnya

Kompetensi Dasar :  Siswa mampu memperagakan teknik dasar

Penguasaan salah satu olahrga atletik dengan

peraturan yang dimodifikasi(Lompat Tinggi) dan

memperhatikan nilai-nilai kerja sama, kejujuran,

menghargai, semangat, percaya diri

Materi Pokok : Lompat tinggi gaya straddle

Indikator : Melakukan lompat tinggi dengan gaya straddle

Sumber pembelajaran : Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Oleh : Aip .S.M

Terusin Ndiri Ya ndok…………………….

Lompat tinggi gaya guling perut (straddle)

  1. Awalan dari samping, sudut awalan antara 28 – 30 derajat, menolak dengan kaki terdekat dengan mistar.
  2. Setelah kaki ayun melewati di atas mistar, segera badan dibalikkan telungkup diatas mistar, usahakan pinggul lebih tinggi dari pundak, kepala tunddukkan kebawah mistar. Tangan kiri dan siku dibengkokkan berada dibelakang punggung atau rapat pada perut. Kaki tolak atau tumpu dengan lutut ditekuk kesamping atas agak kebelakang
  3. Mendarat pada kaki ayun bersamaan dengan tangan ( kaki kanan tangan kanan), diteruskan berguling kedepan pada bahu(bahu kanan).
About these ads
 

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.